Kader Unggulan Muhammadiyah

Kader Unggulan Muhammadiyah disingkat dengan KAUM adalah Organisasi Santri yang dibentuk oleh Muhammadiyah Boarding School MBS Muhiba dalam rangka untuk melatih kepemimpinan. Pengurus KAUM terdiri dari santri kelas XI yang dilantik pada Bulan Desember, menggantikan pengurus KAUM sebelumnya yaitu santri kelas XII yang akan konsentrasi menghadapi masa Ujian Akhir.

Tugas dan Bagian Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM)

Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM) akan dibagi dalam beberapa bagian, diantaranya; bagian Disiplin Keamanan, bagian Ibadah Dakwah, bagian Bahasa, bagian Kebersihan, bagian olahraga dan seni, bagian kantin dapur, bagian kesehatan, dll.

Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM) Bagian Disiplin

Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah bagian Disiplin Keamanan bertugas menertibkan kegiatan harian di asrama, mendapatkan wewenang khusus untuk memberikan sanksi kepada santri yang melanggar disiplin secara umum. Asrama Muhammadiyah Boarding School MBS Muhiba memiliki peraturan-peraturan yang wajib ditaati oleh para Santri. Peraturan tersebut ditujukan untuk melatih kedisiplinan santri dalam beraktifitas sehari-hari. Adanya sanksi selain untuk melatih kedisiplinan juga untuk melatih kesadaran hukum setiap santri.

Pengurus KAUM Bagian Ibadah

Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah bagian Ibadah bertugas menertibkan segala hal berkaitan dengan ibadah dan masjid, menentukan imam dan khatib jumat, kultum, dan mempunyai wewenang memberi sanksi bagi yang melanggar disiplin ibadah dan masjid.

Pengurus KAUM Bagian Bahasa

Pengurus Kader Unggulan Muhammadiyah bagian Bahasa bertugas mengontrol percakapan harian santri, memberikan kosakata baru setiap hari, dan mempunyai wewenang menegur serta memberi sanksi bagi santri yang sengaja berbahasa daerah dan indonesia.

Setiap pengurus bagian mempunyai tugas dan wewenang masing-masing di bawah kontrol pengawasan langsung dari asatidz pembimbing. Dan harga mati, bahwa sanksi tidak boleh berbentuk kontak fisik atau perkataan kasar.

Pergantian Pengurus KAUM

Pergantian pengurus kaum dilakukan pada bulan Desember setelah ujian semester pertama selesai. Acara pergantian pengurus KAUM diadakan di luar pondok dan bermalam. Hari pertama akan diadakan rafting arung jeram, pada malam harinya adalah acara laporan pertanggungjawaban pengurus lama dan pelantikan pengurus KAUM yang baru. Kemudian keesokan harinya diadakan outbound dengan beragam permainan ringan dan sedang.

Leave a Comment